Selasa, 10 Juli 2012

Agan/Aganwati, Minum susu cair cokelat hangat memang sangat asyik, terlebih ketika di musim penghujan. Dan selain itu ternyata, minum susu cair cokelat tidak hanya memberi kenikmatan, namun juga mampu mengurangi peradangan atherosclerosis (plak yang menempel pada pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung) lho gan. Ini ane juga baru tahu setelah baca salah satu artikel menarik di website Komunitas MyMilk.com
Kabar nya hal tersebut dibuktikan para ilmuwan di Barcelona, Spanyol. Mereka merekrut 47 relawan berusia 55 tahun keatas yang berisiko terkena serangan jantung. Separuh relawan diberikan susu bubuk cokelat 20 gram yang dicampur dengan susu tanpa lemak (skim) yang diminum dua kali sehari. Sementara satu kelompok lagi hanya mengonsumsi susu coklat tanpa campuran susu skim. Kedua kelompok diberi minum susu selama satu bulan penuh.

Setelah itu, dilakukan tes darah. Hasilnya, relawan yang hanya minum susu cair coklat, dua kali sehari selama empat minggu mencatat penurunan risiko peradangan, meskipun beberapa Agan peradangan seluler tetap tidak berubah. Sementara kelompok yang minum susu coklat ditambah skim tidak mengalami perubahan.
Partisipan yang hanya minum susu coklat juga mengalami kenaikan kadar kolesterol baik (HDL). Demikian menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. "Atherosclerosis adalah peradangan di pembuluh darah dalam kadar yang masih rendah. Tampaknya asupan coklat secara regular bisa mencegah atau mengurangi peradangan itu,” kata Dr Ramon Estruchdari University of Barcelona seperti dilansir New York Times.
Categories: , ,
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!