Kamis, 24 September 2009

AROMATERAPI SEHARI-HARI

January 2nd, 2009

Wewangian bukan semata kenikmatan untuk indra penciuman. Ternyata aroma yang kita hirup bisa jadi terapi untuk kesehatan mental maupun fisik.
Salah satu yang menjadi kelebihan spa adalah penggunaan aromaterapi.

Metode ini sudah ada sejak lama dikenal sebagai cara untuk mengurangi stress. Sejak tahun 4000 SM, orang- orang cina telah menggunakan minyak alami untuk tujuan pengobatan yang didapat dengan teknik sederhana dari bunga-bungaan, daun-daunan, kayu-kayuan, getah dan lain-lain.

Sedangkan di mesir, ratu Cleopatra menggunakan aromaterapi sebagai bagian dari kosmetik dan perawatan tubuhnya. Pada abad ke 13 aromaterapi mulai di kenal di daratan eropa yang idenya dibawa dan dikembangkanoleh orang-orang romawi.

Aromaterapi merupakan roma dalam bentuk minyak konsentrat tinggi yang disuling dari berbagai tumbuhan dan rempah-rempah ini dapat membantu kita menjadi rileks dantenang, bersemangat, mengantuk, merangsang nafsu seks atau bahkan menguranginya.

Berbagai pilhan dan cara untuk memanjakan diri dengan aromaterapi , seperti facial, massage, dan mandi berendamsaat ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang tersedia. Dan bila mau, kita juga dapat melakukannya sendiri.

Karena minyak aromaterapi merupakan ekstrak dengan konsentrasi tinggi,sebaiknya kita juga mencampur dengan base oil tanpa aroma seprti minyak kedelai, grapesed, almond, atau jojoba. Perbandingan 2 tetes minyak aromaterapi dengan satu sendok teh ( 5 ml ) base oil cukup untuk facial. Campurkan 15 tetes minyak aromaterapi dengan 50 mlbase oil untuk massage seluruh tubuh.

Berendam selama sepuluh menit dalam keharuman dapat mengendurkan syaraf yang tegang. Campurkan 6-8 tetes minyak aromaterapi dengan air mandi yang hangat. Jangan menggunakan air yang panas karena dapat merusak minyak.
Aroma rempah dan bunga dalam ruangan memiliki daya antiseptic yang mampu menangkal kuman.

Untuk mudahnya , kita bisa langsung menyemprotkan minyak aromaterapi yang telah dicampur air hangat. Atau yang lebih romantis , gunakan tempat lilin khusus aromaterapi yang akan menghangatkan minyak dan akan melepaskanmolekul-molekul keharuman secara perlahan diseluruh ruangan
Menurut seorang ahli aromaterapi, apabila minyak esensi dioleskan pada kulit akan meningkatkan sirkulasi, meredakan sakit pada otot yang tegang, sehingga merelakskan bagian yang diobati.

Secara mental, aromaterapi dapat mempengaruhi emosi karena pengaruh wewangian tersebut ada pada system syaraf tubuh kita. saat memilih minyak aromaterapi , yang perlu diperhatikanadlah kualitas minyak yang dibeli. mintalah saran dari ahli aromaterapi atau aromatherapist yang bisa ditemui di berbagai klinik atau rumah kecantikan.

untuk melihat artikel lengkap seputar perempuan,kunjungi www.duniaperempuan.com

0 comments:

Posting Komentar

Feel Free to Comment this post

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!